Anjuran Tepat Minum Kopi Setelah Vaksin
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Anjuran Tepat Minum Kopi Setelah Vaksin

Sejalan dengan program vaksinasi COVID-19 di Indonesia, muncul pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan di tengah masyarakat. Salah satunya apakah boleh minum kopi setelah vaksin COVID-19?

Pertanyaan tersebut mungkin muncul karena kekhawatiran senyawa yang ada pada kopi dapat memengaruhi kerja vaksin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan otoritas kesehatan lainnya sampai saat ini sebetulnya tidak pernah menyebut ada asupan tertentu yang jadi pantangan setelah mendapat vaksin COVID-19. Artinya secara umum seseorang bisa mengonsumsi makanan atau minuman apa saja asal dalam kondisi sehat.
“Efektivitas vaksin tidak terpengaruh oleh makanan atau minuman yang dikonsumsi sebelum atau sesudah vaksinasi,” tulis WHO di situs resminya.

Ahli kesehatan paru-paru Profesor Tjandra Yoga Aditama juga menambahkan belum ada penelitian yang melihat secara spesifik dampak kopi terhadap vaksin COVID-19.

“Saya sih belum pernah baca dampak minum kopi dan vaksin COVID-19,” ungkap pria yang juga pernah menjabat sebagai direktur WHO Asia Tenggara saat dikonfirmasi detikcom pada Rabu (30/6/2021).

Kesimpulannya boleh saja minum kopi setelah vaksin COVID-19 dalam batas yang wajar.

Hal yang menurut ahli lebih harus diperhatikan setelah mendapat vaksin adalah bila muncul gejala efek samping yang bertahan lama atau serius.

Sumber 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?