Roaster Asal China Juara Olah Kopi Nusantara
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Roaster Asal China Juara Olah Kopi Nusantara

Kopi Bara – Popularitas kopi Indonesia tidak hanya aroma dan rasa. Popularitas kopi Nusantara juga mampu mengantar seorang roaster menjadi jawara di kompetisi kopi. Lu Zhi Hao – roaster asal Guangzhou menang kompetisi roasting di China.

Hao berhasil mengalahkan puluhan roaster asal 30-an provinsi di China. Hao memilih kopi asal Ciwedey saat lomba. Kopi Ciwedey punya aroma khas, perpaduan buah dan kacang-kacangan.

Kompetisi roasting yang diikuti Hao terselenggara atas kerjasama Wellica Guangzhou dengan Konjen Indonesia. Wellica adalah perusahaan ekspor-impor produk Indonesia. Konjen dan Wellica mengadakan kompetisi ini setelah terinspirasi kompetisi serupa yang menggunakan kopi Brazil, Ethioopia, Kolombia, dan Panama.

Setelah mematangkan ide, Konjen dan Wellica menyebarkan informasi ke komunitas kopi di China. Panitia mendapatkan 60-an kontestan yang rata-rata memiliki kedai kopi. Kontestan selanjutnya memasak biji kopi lalu mengirimkannya ke Tianjin.

Juri di Tianjin menyeduh dan menilai hasil roasting kontestan. Setelah menilai hasil roasting, juri menentukan 3 kontestan terbaik. Tiga pemenang ini diumumkan November lalu. Konjen Indonesia di China memberi penghargaan untuk 3 pemenang.

Djauhari Oratmangun – Dubes Indonesia Untuk China mengatakan, ‘semoga melalui kompetisi ini, para roaster China dapat semakin terpacu untuk berinovasi dan berkreasilainnya dengan menggunakan kopi asal Indonesia’.

Wellica Guangzhou berencana mengadakan acara kompetisi pada awal 2022. Acara yang membuka 2022 menampilkan coffee specialty dari Indonesia yaitu Gayo dan Toraja. (DeAn)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?