Penghasil Kopi Nomor 1 Ternyata Benihnya dari Indonesia
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Penghasil Kopi Nomor 1 Ternyata Benihnya dari Indonesia

Kopi Bara – Indonesia termasuk 5 besar negara penghasil kopi di dunia. Ini mengartikan, dari 200-an negara yang ada di dunia, Indonesia termasuk yang terunggul dalam menghasilkan komoditas ini. Peringkat 1 masih ditempati Brasil, sebagai penghasil kopi di dunia.

Kalangan umum sering tidak tahu kalau kopi Brasil berasal dari Indonesia. Sejarah ini bermula ketika Indonesia dijajah Belanda era 1800-an. Belanda yang menjajah Indonesia masa itu, membawa benih kopi untuk ditanam di Amsterdam. Belanda pun menjadi satu di antara penghasil kopi di Eropa.

Raja Louis 16 asal Prancis mengikuti Belanda dengan menanam kopi. Saat Negeri Anggur ini menanam kopi, alkisah ada seorang perwira angkatan laut yang mencuri bibit. Gabriel Mathiew De Clieu – perwira angkatan Laut Prancis, yang membawa bibit kopi dan menyebarkannya sampai ke benua Amerika.

Bibit kopi yang dibawa De Clieu berasal dari Jawa. Satu di antara kawasan Amerika yang tertanami kopi asal Jawa adalah Suriname. Kopi asal Suriname yang kemudian terangkut di Brasil dan berkembang variannya.

Saat ini Brasil penghasil kopi nomor satu di dunia. Urutan ke 2 adalah Kolombia dan Vietnam di urutan 3. Indonesia urutan 4. Meski demikian dari tahun ke tahun ekspor kopi Nusantara ke seluruh dunia meningkat. Indonesia bahkan menjadi negara pengekspor terstabil, setelah Brasil gagal panen akibat perubahan cuaca. (DeAn)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?