Indonesia Buka Peluang Miliaran Rupiah Dari Event Kopi Internasional
Kopi Bara – Kopi Indonesia sering ikut serta pameran kopi di luar negeri. Alhasil peluang kerjasama bisnis pun terjadi. Satu di antara transaksi bisnis yang menghasilkan nilai sampai ratusan miliar Rupiah terjadi dari ajang pameran kopi di Amerika. SCE – Speciality Coffee Expo yang berlangsung di Boston, 8 sampai 10 April 2022 lalu yang membuka peluang kerjasama.
Aktivasi peluang bisnis ini mendapat apresiasi Kementerian Koperasi dan UKM. Henra Saragih – Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Kementerian Koperasi dan UKM, senang telah memfasilitasi UKM Indonesia bidang kopi. Dukungan pemerintah lewat Kementerian Koperasi dan UKM membantu pegiat kopi menembus dan memperluas pasar ke Amerika Serikat.
Saat ikut serta ajang SCE, produk kopi yang dipamerkan dan mendapatkan permintaan tertinggi adalah varian kopi Nusantara. Kopi ini berasal dari Aceh Gayo, Bali, Jawa Barat, Luwak, Mandailing, dan Toraja.
Pada ajang ini, Indonesia mempromosikan kopi melalui coffee taster dan penjajakan business matching dengan potensial buyer. Negara yang meminati dari Amerika Serikat, Argentina, Kanada, Kolombia, Ekuador, dan Meksiko. Negara dari Eropa yang meminati kopi Indonesia adalah Spanyol. (DeAn)