Ingat ! Jangan Panaskan Kopi Yang Telah Dingin
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Ingat ! Jangan Panaskan Kopi Yang Telah Dingin

Kopi Bara – Menikmati kopi lebih nyaman jika diminum dalam keadaan panas atau hangat. Minum kopi dalam keadaan dingin, menghilangkan cita rasa kopi. Waspada ! Jangan hangatkan atau panaskan kopi yang telah dingin.

Media Womans World menyatakan, kopi tidak punya rasa enak ketika dihangatkan kembali. Rasa kopi menjadi tawar dan tidak enak. Kopi yang dihangatkan juga memberi efek buruk pada kesehatan.

Ini berlaku untuk teknik menghangatkan kopi menggunakan kompor ataupun menggunakan microwave. Kopi maupun makanan yang dipanaskan menggunakan microwave berpotensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan termasuk infeksi salmonella.

Berikut alasan kopi tidak baik dihangatkan kembali :

1. Rasa kopi akan hambar

Kopi hitam, rasa dan aromanya terasa maksimal ketika kopi baru saja diseduh. Ketika kopi sudah dingin, sensasi nikmatnya pun berkurang. Kopi hitam yang dingin lalu kemudian dipanaskan menjadi hambar. Aromanya menguap dan kopi jadi lebih pahit karena karamel alaminya terbakar.

Ini juga berlaku pada kopi yang diracik dengan tambahan seperti susu, krimer, cokelat ataupun gula. Susu dan beberapa campuran, mudah rusak lainnya dan tidak boleh disimpan di luar lemari es selama lebih dari dua jam, termasuk yang dicampurkan dengan kopi.

Ketika kopi ini dihangatkan, bakteri dalam kopi justru mengkontaminasi minuman sehingga memberi efek buruk bagi tubuh. Efek umum yang ditimbulkan adalah sakit perut, diare, mual dan muntah hingga dehidrasi.

2. Perubahan kandungan nutrisi kopi

Kopi mengandung berbagai nutrisi mulai kalium, natrium, protein dan kafein. Kopi tidak mengandung karbohidrat, lemak, gula, vitamin C maupun zat besi. Dalam 100 gram kopi ada 40 mg kafein.

Biji kopi mentah yang berwarna hijau mengandung asam klorogenat. Proses pemanggangan kemudian memecah asam ini menjadi asam kuinat dan asam caffeic.

Asam klorogenat memiliki rasa pahit, asam kuinat dan asam caffeic keduanya memiliki rasa pahit dan astringent yang lebih kuat. Ketika kopi dihangatkan, ada zat yang mengalami perubahan. Perubahan zat ini menjadikan kopi jadi tak enak.

3. Kopi masih aman diminum setelah 12 jam

Kopi yang sudah diseduh sebaiknya langsung dihabiskan. Namun jika terpaksa mendiamkan kopi, sebaiknya tidak dikonsumsi lagi setelah 12 jam usai diseduh. Apalagi ketika kopi dibiarkan di suhu ruang dan dalam wadah terbuka. Kopi memang tidak basi, namun rasanya berubah.

Media Eat This, Not That menyatakan, jika melihat (jumlah) mikrobanya, sisa kopi aman untuk diminum. Bryan Quoc Le, PhD – seorah ahli nutrisi menambahkan, ‘kopi hitam adalah mediaburuk untuk pertumbuhan mikroba karena tidak ada nutrisi yang tersedia seperti gula atau protein.’

Namun kopi sebaiknya tidak diminum lagi setelah didiamkan seharian. Sebagai solusi, sebaiknya menyeduh kopi dalam jumlah sedikit agar bisa membuat ulang saat ingin menikmati kopi. (DeAn)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?