Gelas Kopi Dari Plastik, Bahaya !
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Gelas Kopi Dari Plastik, Bahaya !

Kopi Bara – Menikmati kopi bisa di mana pun. Ini karena kopi bisa diminum gelas praktis yang terbuat dari kertas atau plastik. Minuman yang ditempatkan pada gelas semacam ini umumnya jadi menu tempat ngopi kekinian. Kaum muda atau profesional yang ingin praktis, sering memilih ngopi model demikian. Faktanya, gelas praktis kopi, berbahaya untuk kesehatan.

Studi baru yang dipimpin oleh Ilmuwan Christopher Zangmeister dan diterbitkan dalam jurnal Environmental Science & Technology (EST) mengungkapkan, gelas kopi sekali pakai yang dilapisi polietena densitas rendah (LDPE) dapat melepaskan triliunan nanopartikel plastik saat terkena air mendidih.

Studi baru mengeksplorasi cara produk plastik sehari-hari dapat memfasilitasi proses ini, termasuk gelas kopi sekali pakai. Times of India memberitakan, para peneliti di Institut Standar dan Teknologi Nasional AS (NIST) meneliti cara partikel plastik kecil yang dapat dilepaskan dari produk plastik biasa. Ini termasuk nilon food grade yang digunakan sebagai pelapis kue pada umumnya dan bahan tunggal pada gelas minuman yang dilapisi dengan LDPE.

Gelas kemudian direndam dalam air mendidih selama 20 menit. Untuk menghitung plastik kecil dalam cairan, para ilmuwan beralih ke teknik yang digunakan untuk mendeteksi partikel kecil di atmosfer. Cara ini meninggalkan partikel plastik berukuran nanometer, yang kemudian terkena uap alkohol panas yang menyebabkan ukurannya membesar.

Meskipun efek-efek partikel ini pada organisme hidup belum jelas, temuan ini mengkhawatirkan ilmuwan. Paparan berulang terhadap polutan dapat memiliki efek kesehatan jangka panjang. Tim peneliti yang melakukan penelitian ini menemukan bahwa triliunan partikel dilepaskan di dalam air, dengan ukuran rata-rata antara 30 dan 80 nanometer, serta beberapa di atas 200 nanometer. Dalam percobaan paralel pada nilon food grade, jumlah partikel plastik yang dilepaskan ke dalam air sebenarnya 7 kali lebih tinggi.

Dengan terungkapnya efek bahaya gelas kopi praktis, penikmat kopi disarankan menggunakan cangkir atau gelas. Jika terpaksa harus take away, sebaiknya menggunakan tempat dari stainless berukuran mini. Sangat disayangkan jika kopi yang memiliki kandungan baik untuk tubuh, rusak gara-gara gelasnya mengandung partikel berbahaya. (DeAn)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?