Fakta Ilmiah Kafein Bikin Mata Terjaga
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Fakta Ilmiah Kafein Bikin Mata Terjaga

Kopi Bara – Penikmat kopi sepakat jika minuman berbahan kafein ini mengusir kantuk. Mitos atau tidak, kebanyakan penikmat kopi merasa terjaga setelah meneguk kopi. Fakta kopi penghilang kantuk tidak lain karena kafein yang ada di minuman kopi. Lalu bagaimana sains menjelaskan ?

Berdasarkan fakta ilmiah, 30 menit sampai 60 menit setelah minum kopi kafein bekerja. Saat kafein masuk ke tubuh, sensasi segar termasuk mata yang ikut terjaga mulai terasa. Efek tubuh yang segar setelah minum kopi bertahan 5 jam sampai 6 jam.

Washington State University menjelaskan secara ilmiah tentang pola kerja kafein dalam tubuh :

1. Tubuh Memproduksi Adenosin

Setiap hari tubuh menghasilkan senyawa kimia bernama Adenosin. Adenosin berfungsi untuk memperlambat fungsi otak dan pemicu rasa kantuk. Zat ini diperlukan tubuh untuk mengirim sinyal jika tubuh lelah dan butuh istirahat. Adenosin menuju ke reseptor saraf. Impuls akan menuju otak sebagai sinyal tubuh untuk meminta istirahat.

2. Kafein Sebagai Antagonis

Kafein yang terkonsumsi berfungsi sebagai Antagonis pada reseptor Adenosin. Molekul kafein mirip Adenosin dan menempel pada reseptor. Ini berdampak adenosin tidak menempel pada reseptor. Adenosin yang tidak menempel gagal mengirimkan sinyal lelah dan mengantuk ke otak. Ini yang menjadikan peminum kopi segar dan tidak mengantuk.

Kafein bermanfaat untuk tubuh. Meski demikian kafein bisa mengganggu jam tidur. Seseorang yang gagal tidur di malam hari, mengalami kelelahan di pagi hari. Studi menyarankan, hindari mengonsumsi kopi 6 jam sebelum tidur. Saat sore dan malam hari, sebaiknya juga hindari kopi. Ini membantu seseorang merasakan manfaat kopi, namun tetap tidur cukup di malam hari. (DeAn)

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?