Kenalan Dengan Kopi Kenya, Kopi Yang Manis Tanpa Gula
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Kenalan Dengan Kopi Kenya, Kopi Yang Manis Tanpa Gula

Kopi Bara – Afrika, satu di antara benua di bumi yang menghasilkan kopi. Ethiopia tercatat sebagai negeri di Afrika yang menjadi penemu kopi. Artikel ini tidak membahas Ethiopia, melainkan negara lain di benua Afrika yang punya komoditas kopi unik.

Kenya, satu di antara negara di Afrika yang punya hasil alam kopi. Negeri di kawasan Afrika Timur yang punya kopi dengan cita rasa manis. Ya, cita rasa manis. Ini mengartikan kopi asal Kenya tidak memerlukan gula.

Pada saat kopi asal Kenya ini ikut pameran di Thailand (Mei 2022 lalu), pengunjung tidak percaya kalau ada kopi berasa manis tanpa gula. Asumsi masyarakat yang tidak percaya, diyakinkan Lindsay KiptinessDubes Kenya Untuk Thailand. Dubes Lindsay mengatakan, untuk menikmati kopi Kenya penikmat kopi hanya perlu menambahkan susu. Rasa manis susu bercampur kopi Kenya, lebih nikmat dan sehat dibandingkan gula.

Kenikmatan kopi Kenya sudah sejak lampau. Sejarah kopi Kenya bermula pada akhir 1800-an. Saat itu para misionaris Eropa melakukan impor varietas Arabika dari Brazil. Awalnya para misionaris menanam biji kopi di Bura-Taita Hills Kibwezi-Kenya. Aktivitas ini berlanjut pada 1900, kemudian diikuti kawasan lain seperti Kikuyu dan Thika pada tahun 1904.

Kenya yang menjadi jajahan Inggris berpotensi sebagai lokasi pembudidayaan kopi di Afrika Timur. Setelah infrastruktur memadai, Kenya mulai komersialisasi kopi. Pada tahun 1900 ada sekitar 50 perkebunan kopi di Kenya.

Sejak saat itu, Kenya memperluas produksi kopi ke berbagai wilayah lain. Saat ini, sekitar 6 juta warga Kenya hidup dari sektor kopi. Masyarakat Kenya yang menjadi petani kopi, memproduksi kopi dengan standar tertinggi. Satu di antara faktornya karena tanah vulkanik yang ada di Kenya. Kopi Kenya tumbuh di dataran tinggi dengan kondisi vulkanik. Faktor lainnya, cuaca dan sinar matahari yang memberikan rasa kopi dengan kualitas unik.

Kopi kenya sudah diekspor ke berbagai negara kawasan Eropa. Pada 2022 kopi Kenya memasuki pasar Asia. Pemerintah Kenya berharap bisa memasuki pasar Asia termasuk Indonesia dan seluruh kawasan Asia.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?