Kementan Target Penanaman 3 Juta Pohon Kopi
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Kementan Target Penanaman 3 Juta Pohon Kopi

Kopi Bara – Kementerian Pertanian menargetkan penanaman 3 juta pohon kopi tahun ini. Upaya ini untuk meningkatkan ekspor. Kopi dan kakao merupakan dua di antara produk pertanian yang diharapkan mengatasi krisis pangan dan energi di masa depan.

Syahrul Yasin LimpoMenteri Pertanian mengatakan, Kementan harus berani membuat terobosan dalam berinovasi. Bekerja tidak lagi dengan cara birokratik. Inovasi bibit yang dihasilkan harus dikembangkan di berbagai daerah. Ini agar Indonesia yang saat ini menduduki posisi ke 3 produksi kopi, menduduki posisi pertama di dunia.

“Kita harus pakai nalar dan memanfaatkan potensi dengan maksimal. Apalagi sekarang ini dunia lagi bersoal. Amerika antre makanan dan Vietnam lagi menutup ekspornya. Jadi, tanggung kalau produksi kopi Indonesia diurutan nomor 3, kita harus jadi peringkat 1 dunia,” kata Syahrul di Balai Penelitian Tanaman Industri (Balitri) di Sukabumi, Kamis (28 Juli 2022).

Menurut data Badan Pusat Statistik, nilai ekspor kopi Indonesia (HS 0901) pada 2021 mencapai US$851 juta atau lebih 12 triliun Rupiah. Indonesia menempati posisi ke-13, negara eksportir kopi ke dunia. Nilai ekspor kopi periode Januari—Mei 2022 mencapai US$394 juta atau sekitar 6 triliun Rupiah, meningkat 37 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Negara tujuan ekspor kopi Indonesia antara lain Amerika Serikat, Mesir, Jepang, Spanyol, dan Malaysia.

Sumber

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?