Cara Menikmati Kopi Nusantara Ala Barista Berpengalaman
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Cara Menikmati Kopi Nusantara Ala Barista Berpengalaman

Kopi Bara – Kopi dan ‘ngopi bukan sekadar minum dan minuman. Menikmati kopi dilakukan dengan cara tertentu. Istilahnya seakan ada ritual dalam menikmati kopi. Bergantung tipe kopi yang diminum. Asal daerah kopi juga mempengaruhi cara menikmati kopi.

Michaelbarista profesional memberi contoh. Kopi Lintong asal Sumatera, memiliki cita rasa yang dominan tobaco dan pedas khas rempah. Untuk medapati cita rasa, ada teknik khusus dalam menyesap kopi. ‘Pertama cium dulu kopinya. Lalu cobain kopi dengan srup (diseruput) gitu. Caranya lidah tempelkan ke langit-langit lalu hirup kopinya,’ kata Michael.

Tujuan menyeruput dan mengangkat lidah, agar ada oksigen masuk ke mulut, lanjutnya. Tujuan dari memasukan oksigen itu untuk membantu flavor kopi agar lebih menyebar ke dalam mulut.  ‘Nanti rasa kopi akan keluar dengan sendirinya, terutama bila intens merasakannya’, ujarMichael.

Meminum kopi sebenarnya juga tergantung dari selera setiap orang. Cara menikmati kopi tidak harus dengan benar-benar murni bubuk kopi yang diseduh tanpa campuran apa pun. Michael mengakui, susu menjadi campuran paling umum dalam membuat minuman kopi. Dalam pembuatan kopi susu, juga tidak bisa asal mencampurkannya. ‘Misal ingin kopi susu lebih strong, tinggal cari karakter kopi biasanya full body, house blend paling cocok di campur dengan susu, lalu dijadikan latte,” ujarnya.

Dengan mencampurkan bahan lain, tentu rasa asli dari kopi berkurang. Membuat kopi susu, harus disesuaikan keinginan menentukan rasa yang dominan. ‘Untuk perbandingannya, susu disesuaikan selera. Yang biasa digunakan jadi pengukuran pasti kopi. Misalnya ukuran medium bisa kopi 12 gram, kalau ingin rasanya lebih intens bisa 18 gram. Lalu susu menyesuaikan sesuai selera,’ tutur Michael.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?