Keramas Pakai Kopi, Bikin Rambut Makin Rapi
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Keramas Pakai Kopi, Bikin Rambut Makin Rapi

Kopi Bara – Pada artikel lampau, Kopi Bara menyatakan jika kopi bermanfaat untuk kesehatan kulit. Alhasil pembersih wajah sering menjadikan kopi sebagai bahan pendukung. Bukan tanpa alasan. Riset membuktikan jika kopi mampu meremajakan sel kulit dan menghaluskan kulit. Terbaru, kopi juga mampu membuat rambut sehat.

NCBIPusat Informasi Bioteknologi Nasional Amerika menyatakan, kandungan dalam kopi mampu mengaktifkan sel-sel pada Folikel rambut. Folikel ini merupakan tempat produksinya rambut. Ketika sel folikel rambut sehat dan aktif, zat meningkatkan produksi rambut baru, mencegah kerontokan, dan memperkuat rambut.

Manfaat Keramas dengan Kopi

Healthline – media tentang kesehatan menyatakan, penelitian manfaat kopi untuk rambut tidak sebanyak penelitian khasiat kopi untuk kulit. Sejumlah studi yang ada mendapati, kafein dalam kopi mampu memperbaiki penampilan dan tekstur rambut. Berikut manfaat kopi yang dipakai untuk keramas. Artikel ini Kopi Bara kutip dari CNN Indonesia :

1. Mengembalikan pertumbuhan rambut

Kerontokan rambut sering terjadi seiring pertambahan usia. Penggunaan kopi untuk perawatan rambut,  mencegah kerontokan dan mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Pada kasus kebotakan pria, rambut rontok terjadi karena hormon seks dihidrotestosteron atau DHT yang merusak folikel rambut. Perempuan yang terlalu banyak DHT juga mengalami kerontokan.

Berdasarkan penelitian, kafein dalam kopi membantu merangsang pertumbuhan rambut dan menghentikan kerontokan. Studi laboratorium pada 2007 terungkap, kafein memblokir efek DHT pada rambut.

Selain sebagai stimulan, kafein juga berfungsi meningkatkan sirkulasi darah ke folikel rambut. Kafein membantu pertumbuhan rambut, menjadikan rambut kuat, dan memiliki tekstur penuh juga tebal.

2. Membuat rambut lebih lembut dan berkilau

Kafein membantu mempertahankan atau mengunci kelembapan rambut dan menciptakan kilau alami. Membilas rambut dengan kopi memperbaiki kondisi rambut kusam. Ini terjadi karena kopi mengandung flavonoid, antioksidan pendorong regenerasi rambut.

Batang rambut bakal menjadi lebih halus. Penggunaan kopi menghaluskan keriting pada rambut, membuat rambut lembut, dan lebih mudah diurai.

3. Menyamarkan warna uban secara alami

Manfaat keramas atau membilas rambut dengan kopi, mampu menggelapkan warna rambut atau menyamarkan uban. Kopi yang berwarna gelap membuat warna rambut satu hingga dua tingkat lebih gelap. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

Cara Keramas dengan Kopi

Langkah 1 : Keramas atau cuci rambut Anda seperti biasa.

Langkah 2 : Tambahkan empat sendok makan kopi yang sudah diseduh ke sebuah mangkuk. Kemudian tambahkan empat gelas air matang (suhu kamar) ke wadah tersebut. Aduk sampai rata. Untuk perawatan ekstra, Anda bisa menambahkan kuning telur meski opsional.

Langkah 3 : Tuangkan campuran kopi tadi ke kulit kepala Anda dan pijat secara menyeluruh. Lalu pijat lembut kulit kepala dengan jari-jari Anda beberapa menit.

Langkah 4 : Bungkus rambut menggunakan handuk dan biarkan sekitar 30 hingga 40 menit.

Langkah 5 : Bilas dengan air hangat sampai tidak ada lagi sisa kopi yang menempel pada rambut.

Inilah cara sederhana keramas menggunakan kopi. Kopi Bara harap cara ini berhasil dan mengubah rambut menjadi lebih sehat. Salam Semangat Membara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?