Gula Aren atau Gula Tebu ? Ini Gula Yang Tepat Untuk Kopi
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Gula Aren atau Gula Tebu ? Ini Gula Yang Tepat Untuk Kopi

Kopi Bara – Kopi plus gula menjadi alias kopi manis menjadi minuman favorit penggemar kopi Indonesia. Ada yang menyukai Giras (Legi Keras)  alias kopi hitam kental dan kemanisan luar biasa. Ada juga yang menyukai less sugar alias sedikit gula. Akhir-akhir ini ada variasi kopi manis yang tidak menggunakan gula pasir melainkan gula aren. Ada perdebatan kalau gula aren lebih sehat daripada gula pasir. Kopi Bara merinci faktanya.

Gula aren memang lebih menyehatkan daripada gula putih. Ada beberapa alasan, gula aren punya manfaat lebih sehat daripada gula pasir karena aspek ini :

1. Vitamin dan Mineral

Gula arena terbuat dari nira. Nira merupakan cairan yang keluar dari batang pohon enau. Sementara gula putih terbuat dari tebu. Gula aren kaya vitamin dan mineral seperti kalium, fosfor, zinc, zat besi, mangan, dan tembaga. Gula putih hanya tinggi kalori, namun minim zat gizi. Kopi yang bercampur gula aren mengandung asam folat, asam folat, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin B8, yang penting untuk fungsi sel tubuh.

2. Sumber Antioksidan

Kombinasi kopi dan gula aren menjadi sumber antioksidan seperti flavonoid dan polifenol dan flavonoid. Keduanya membantu melawan radikal bebas penyebab kerusakan sel tubuh. Penelitian membuktkan,  konsumsi makanan kaya polifenol, melindungi tubuh dari penyakit kronis diabetes tipe 2, stroke, hingga kanker.

3. Indeks Glikemik Rendah

Indeks glikemik (IG) gula aren lebih baik dari gula putih. Adapun makanan dengan IG rendah semacam gula aren. tidak meningkatkan gula darah dengan cepat, sehingga aman untuk tubuh. Penggunaan gula aren, mengontrol kadar gula darah. Ini karena gula aren berasal dari kandungan serat inulin. Serat ini  menurunkan kadar kolesterol darah dan mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Meski gula aren lebih baik daripada gula putih, gula aren bisa meningkatkan asupan kalori harian. Jika asupan kalori berlebihan, berisiko kenaikan berat badan, penyakit jantung, dan diabetes tipe 2 juga ada. Cara bijaksana adalah mengontrol asupan kopi manis gula aren, imbangi dengan pola makan sehat, tidur malam teratur, dan gerak tubuh di pagi hari.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?