Ini Cara Menyimpan Kopi Agar Tetap Segar
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Ini Cara Menyimpan Kopi Agar Tetap Segar

Kopi Bara – Pecinta kopi pasti menjadikan kopi laksana koleksi di rumah. Dengan status negeri kaya akan kopi, tidak puas jika mengoleksi satu atau dua varian kopi. Beberapa penikmat kopi bahkan eksperimen dengan memadukan varian kopi tertentu untuk mendapatkan cita rasa baru. Akan tetapi patut diperhatikan, koleksi kopi di rumah akan berubah cita rasa jika tidak tahu cara menyimpan.

Kesegaran kopi bubuk cepat menurun daripada biji kopi utuh. Ini karena pengaruh proses oksidasi. Aspek penggilingan juga mempercepat penurunan kesegaran kopi bubuk. Kesegaran kopi bubuk yang dibuka bertahan dua minggu sampai satu bulan. Kopi bubuk yang dibuka dan disimpan terlalu lama masih bisa diseduh, tetapi rasa seduhannya berubah. Untuk menjaga kopi agar terjaga cita rasanya, berikut caranya :

1. Hindari Area Lembab

Hindari menyimpan kopi bubuk di tempat yang lembab seperti kulkas. Kelembaban alami pada bubuk kopi dapat menguap apabila disimpan di area lembab sehingga kopi pun menjadi tengik.

2. Cek Tanggal Sangrai dan Kadaluwarsa

Setiap membeli bubuk kopi kemasan, biasanya penjual mencantumkan tanggal sangrai (roasting) dan tanggal kedaluwarsa. Sebaiknya konsumsi kopi sebelum tanggal kedaluwarsa. Lebih baik lagi jika menyeduh kopi tiga sampai empat minggu setelah tanggal sangrai.

3. Bekukan Kopi Bubuk

Walaupun disarankan tidak menyimpan kopi bubuk di kulkas, penikmat kopi bisa mengandalkan freezer. Kopi bubuk per porsi, kemudian masukkan ke wadah kedap udara. Setelah itu, bekukan di dalam freezer. Kopi bubuk beku dapat bertahan hingga satu bulan. Pastikan untuk mencairkan kopi bubuk setidaknya satu hari sebelum diseduh.

4. Simpan Kopi Bubuk di Wadah Kedap Udara

Kemasan kopi bubuk yang baik, disegel vakum sehingga tidak mengalami penguapan.  Saat membeli kopi bubuk dengan kemasan berbeda, cara menyimpannya bisa menggunakan  stoples kaca, stoples plastik, atau wadah plastik kedap udara. Pastikan tutup wadahnya berfungsi dengan benar.

5. Simpan Bubuk Kopi Pada Suhu Ruang

Kopi bubuk yang disimpan pada suhu kamar di tempat kering, mampu memperpanjang daya tahan kopi. Lebih baik lagi jika kemasan kopi dimasukkan ke dalam wadah kedap udara. Kemudian letakkan di rak dapur terbuka.

6. Seduh Kopi Bubuk Maksimal 1 Bulan Setelah Dibuka

Gunakan kopi bubuk maksimal satu bulan setelah dibuka, agar hasil seduhannya tetap segar dan nikmat.

7. Beli Biji Kopi Utuh 

Apabila mempunyai alat giling kopi di rumah, sebaiknya beli biji kopi utuh. Biji kopi yang disimpan dengan cara yang benar, mampu bertahan sampai hitungan tahun. Penikmat kopi bisa menggiling biji kopi sesaat sebelum diseduh sehingga hasilnya lebih segar. Bisa juga menggiling biji kopi satu minggu sebelum diseduh.

Sumber

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?