Air Putih Dulu, Lalu Kopi Jika Ingin Sehat
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Air Putih Dulu, Lalu Kopi Jika Ingin Sehat

Kopi Bara – Aktivitas minum kopi di pagi hari menjadi rutinitas. Tidak hanya di Indonesia, penikmat kopi di seluruh dunia juga menjadikan ngopi di pagi hari sebagai tradisi. Namun perlu diperhatikan, ada aspek penting sebelum menikmati kopi di pagi hari. Aspek ini adalah konsumsi air putih sebelum menikmati kopi. Air putih menjadi unsur penting dalam tubuh. Kopi Bara mengungkap pentingnya konsumsi air putih, sesaat sebelum menikmati secangkir kopi.

1. Air Putih Bisa Menghidrasi Tubuh

Air putih bermanfaat untuk menghindari dehidrasi tubuh di pagi hari. Alasan mendasar karena air menggantikan cairan tubuh dalam tubuh. Seseorang yang haus setelah bangun tidur, menandakan terkena dehidrasi.

Untuk menghindari dehidrasi setelah bangun tidur, hindari minum kopi. Ini karena kopi mengandung kafein yang membuat dehidrasi lebih parah. Air putih pilihan tepat, untuk minuman setelah bangun tidur.

Minum air putih di pagi hari, membantu membuang racun pada tubuh, sekaligus mengencerkan kadar asam pada perut. Ini bertujuan agar kondisi tubuh sehat dan bekerja lebih baik. Pakar menyarankan untuk minum 2 gelas air hangat sebelum dilanjutkan minum kopi atau teh.

Mansi Gupta – ahli gizi di Delhi India mengungkap, setelah enam jam tidur, tubuh membutuhkan 500 ml air. Gupta juga mengungkap, secangkir kopi bersifat asam. Minum air putih sebelumnya, menyeimbangkan pH dari kopi dan teh.

2. Melindungi Perut dari Penyakit Maag dan Tukak Lambung

Minuman kafein memicu gangguan kesehatan semacam maag dan tukak lambung. Untuk menghindarinya, minum air putih sebelum ngopi. Air putih hangat membantu mengencerkan kadar asam dari perut. Ini mampu mencegah kambuhnya maag atau tukak lambung.

3. Menghindari Efek Kafein

Efek kafein ini terkadang membuat tubuh menjadi lemas. Kandungan kimia dalam kopi yang disebut theobromine, bekerja dalam tubuh sekitar 25 menit dan membuat tubuh menjadi lelah.

Untuk menghindari efek ini, satu di antara cara terbaik dengan minum air bersuhu ruangan terlebih dahulu. Pastikan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup.

4. Air Putih Dapat Melindungi Gigi

Kopi memiliki kandungan bernama tanin yang memicu perubahan warna pada gigi. Bahan kimia pada minuman menimbulkan lapisan pada gigi. Dengan minum segelas air hangat atau air ruangan sebelum minum kopi dan teh, mampu melindungi gigi. Para ahli menyebut, seseorang yang minum air putih 15 menit sebelum menikmati secangkir kopi pertama, menghasilkan lapisan pelindung yang mampu mengurangi pewarnaan pada gigi.

5. Meningkatkan Metabolisme

Air putih meningkatkan metabolisme dalam tubuh agar berjalan baik. Air putih menjadi minuman yang sehat dan punya beragam manfaat bagi tubuh, termasuk memastikan metabolisme dalam berjalan dengan baik.

Ketika seseorang minum kopi, ada peningkatan kortisol dalam tubuh. Ini membuat metabolisme tubuh terjaga.

Tingkat kortisol tertinggi, ada di pagi hari. Pakar menyarankan minum air putih sebelum menikmati kopi, menyeimbangkan metabolisme tubuh. Keseimbangan ini berdampak terciptanya kesehatan yang prima.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?