Acuan Minum Kopi Ketika Masih Konsumsi Obat
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Acuan Minum Kopi Ketika Masih Konsumsi Obat

Kopi Bara – Ada kalanya seseorang sakit dan harus mengonsumsi obat. Namun ketika sakit yang diderita tidak akut, keinginan untuk menikmati kopi tetap ada. Kekhawatiran muncul, karena obat rata-rata mengandung bahan kimia yang berpotensi reaktif terhadap kafein. Salah minum, risikonya bahaya. Kopi Bara punya acuan minum obat namun tetap menikmati kopi.

Sebelum mengetahui anjuran minum kopi meski dalam keadaan mengonsumsi obat, Kopi Bara merinci dampak kopi pada obat. Acuan ini untuk antisipasi dampak berbahaya jika terjadi reaksi pada tubuh.

1. Keracunan Kafein

Keracunan kafein berpeluang terjadi jika kopi dan obat saling bereaksi. Kafein dari obat bertahan lebih lama di dalam tubuh. Sementara kafein dalam kopi bisa meningkatkan level kafein dalam tubuh. Dampak bahaya jika kedua unsur bereaksi dalam tubuh.

2. Membebani Jantung

Kafein pada kopi merangsang kerja otak dan jantung. Adapun kandungan ini berinteraksi dengan sejumlah obat. Dua obat varian fenilpropanolamin dan efedrin, yang berfungsi mengatasi gejala flu dan hidung tersumbat, patut diperhatikan.

Mengonsumsi kafein setelah minum obat flu, memicu percepatan detak jantung. Dampak ini juga muncul jika seseorang minum kopi setelah minum obat asma, anti-depresan, kelompok anti-biotik kuinolon, dan pil KB.

3. Menurunkan Kinerja Obat

Efek obat bisa kurang manjur kalau bercampur minum kopi. Ini karena kafein mengganggu proses penyerapan obat dalam lambung dan usus halus. Efek muncul kalau obat yang dikonsumsi anti-depresan, esterogen, hingga obat osteoporosis.

4. Mengganggu Keseimbangan Hormon

Kopi memengaruhi keseimbangan hormon pada perempuan. Berdasar penelitian, kadar estrogen dan hormon pada perempuan, menurun setelah minum kopi. Ini mengganggu penyerapan beberapa jenis obat.

Kopi Bara menyarankan konsultasi dengan dokter ketika seseorang harus mengonsumsi obat. Ini penting untuk mengetahui saat tepat menikmati kopi, ketika konsumsi obat masih berlangsung. Berdasarkan anjuran medis secara umum, jarak 4 jam adalah waktu ideal menikmati kopi setelah mengonsumsi obat. Meski diperbolehkan, Kopi Bara menyarankan rehat sejenak menikmati kopi, selama dalam fase konsumsi obat.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?