Konsumsi Kopi Ibu Hamil Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Konsumsi Kopi Ibu Hamil Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Kopi Bara – Kopi yang mengandung kafein, mampu mengubah metabolisme seseorang. Seseorang yang dalam keadaan lelah dan ngantuk, bisa jadi perlu minuman berkafein untuk mengembalikan stamina. Pertanyaan, apakah ibu hamil boleh minum kopi ?

Healthline.com menyatakan, konsumsi minuman berkafein terutama kopi berdampak negatif bagi tubuh Mom pun janin. Penelitian mengungkapkan, konsumsi kafein selama kehamilan apalagi berlebihan, meningkatkan risiko kesehatan. Penelitian terbaru bahkan mengungkapkan, jika ibu hamil yang mengonsumsi kafein selama kehamilan, meningkatkan risiko melahirkan bayi dengan tubuh lebih pendek.

Risiko ini bisa terjadi hingga anak tumbuh dewasa. Ketika konsumsi dalam porsi tepat, minuman berkafein bermanfaat. Sementara jika berlebihan dan berkelanjutan, berbahaya. Dr. Jessica Gleason – peneliti di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health mengungkapkan, anak dari ibu yang mengonsumsi kopi saat hamil, memiliki tubuh lebih pendek dari teman seusianya.

Anak-anak dari orang tua yang konsumsi kopi, umumnya memiliki tubuh pendek di usia 4 sampai 8 tahun dibandingkan anak-anak dari orang tua yang tidam konsumsi kopi. Efek samping kopi atau minuman berkafein saat hamil di antara risiko keguguran. Mal nutrisi pada janin dan kelahiran prematur.

American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan pembatasan konsumsi kafein bagi ibu hamil. Ibu hamil tidak mengonsumsi kafein lebih 200 miligram per hari saat hamil. Itu artinya, ibu hamil sebenarnya boleh konsumsi kafein selama hamil, asal ada batasan.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?