Java Coffee Culture Di Surabaya
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Java Coffee Culture Di Surabaya

Kopi Bara – Surabaya mengadakan Java Coffee Culture 2022. Acara berlangsung 2 hari, Sabtu-Minggu 26 dan 27 November 2022. Acara ini prakarsa Bank Indonesia Jawa Timur dan bertempat di Hotel Majapahit. Acara juga menampilkan sesi Educoffee, yang membahas optimalisasi produktivitas, kualitas, branding hingga promosi produk kopi.

Budi HanotoKepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyampaikan, potensi penguatan komoditas unggulan kopi tidak lepas dari tantangan yang memerlukan perbaikan. Aspek yang perlu diperbaiki, permodalan bagi petani dan pengolah kopi skala kecil, kualitas biji kopi yang rendah, supply chain kopi yang panjang, pemasaran biji kopi yang terbatas, dan kurangnya akses ekspor bagi petani kopi skala kecil.

Bank Indonesia melakukan strategi pengembangan komoditas unggulan kopi dengan berlandaskan pilar pengembangan UMKM. Pilar ini antara lain: korporatisasi, peningkatan kapasitas, dan akses pembiayaan. Ini bertujuan memperluas akses pasar domestik dan ekspor kopi melalui peran aktif UMKM dalam mendukung kegiatan ekonomi produktif.

Educoffee pada Java Coffee Festival 2022 juga menampilkan business matching antara UMKM Kopi dengan buyer lokal maupun global. Pola ini bekerjasama dengan kantor diplomatik, asosiasi serta trader internasional. Pada sesi ini 60 contoh kopi unggulan nusantara ditampilkan, di antaranya 14 kopi Arabika Fullwashed, 12 kopi Arabika Natural, 27 kopi robusta, dan 7 kopi liberika.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?