Kopi Guatemala, Favorit Dunia dan Indonesia
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Kopi Guatemala, Favorit Dunia dan Indonesia

Kopi Bara – Guatemala, satu di antara negara eksotis di Amerika Tengah. Negeri ini luasnya hanya 108.000 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 17 juta jiwa. Nama Guatemala sendiri berasal dari bahasa Nauhati yang artinya banyak pohon. Tidak mengherankan jika negeri ini subur akan tanaman, termasuk kopi.

Kopi Guatemala belum sepopuler sekarang, pada era lampau. Memasuki era 2020-an kopi Guatemala menjadi favorit dan termasuk satu di antara kopi termahal dunia. Popularitas kopi Guatemala tidak hanya di negaranya. Indonesia yang masuk 5 besar negeri eksportir kopi, juga menjadikan kopi Guatemala sebagai menu favorit.

Kopi Bara mengulik kopi Guatemala. Berikut ini keunikan kopi asal Amerika Tengah ini :

1. Satu Di Antara Kopi Terbaik

Sip Coffee House meranking kopi Guatemala masuk peringkat 10 kopi terbaik dunia. Survei ini terjadi pada 2010. Meski peringkat ini berpeluang berubah pada 2022, posisinya masih di 10 besar dunia.

2. Dominasi Varian Arabika

Kopi Guatemala terdominasi varian Arabika. Kopi Guatema tersebar di beberapa daerah penghasil kopi. Daerah ini di antaranya Antigua, Atitlan, dan Huehuetenango. Antigua menjadi sentra utama penghasil kopi Guatemala. Antigua pula yang memasok kopi varian Arabika untuk Indonesia.

3. Karakteristik

Kopi Guatemala memiliki karakter aroma bunga dan jeruk. Cita rasa manis semacam cokelat dan kacang-kacangan. Kopi Guatemala memiliki keasaman cukup dengan tekstur kental nan pekat.

4. Tanaman Hias

Rakyat Guatemala awalnya menjadikan kopi Guatemala sebagai tanaman hias. Ini terjadi pada 1700-an. Saat itu tanaman kopi Guatemala menjadi tanaman hias rakyat di pekarangan rumah. Pada 1860-an Guatemala mulai memproduksi kopi untuk dikonsumsi.

5. Organisasi Kopi Guatemala

Petani kopi di Guatemela memiliki organisasi Asosiacion Nacional Del Cafe pada 1960. Organisasi ini ikut berperan menaungi petani sekaligus mendukung penelitian dan pemasaran.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?