Perempuan Ini Pernah Bikin Kopi Untuk Presiden
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Perempuan Ini Pernah Bikin Kopi Untuk Presiden

Kopi Bara – Barista menjadi profesi kekinian yang diminati anak muda zaman sekarang. Barista alias peracik kopi menjadi penentu kesuksesan bisnis kopi. Barista juga tidak memandang gender. Pria atau wanita banyak menjadi barista. Satu di antara barista yang menjadi perbincangan akhir-akhir ini adalah Evani Jesselyn. Viral karena Evani menjadi peracik kopi Joko Widodo – Presiden.

Pencapaian Evani menjadi barista profesional berawal dari prestasinya di bidang kopi. Pada 2016 dia menjadi juara satu cupping Barista Farmer 2016 di Brasil. Evani menjadi satu-satunya barista Asia di event ini. Sepulang dari Brasil, dia mendapat kehormatan meracik kopi untuk Joko Widodo.

Evani mengatakan, ‘saya diperkenankan untuk menyajikan kopi-kopi terbaik di Indonesia kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sebanyak dua kali. Yang pertama di Istana Bogor tahun 2017 pada hari kopi International, saya menyajikan kopi Toraja dan Jawa. Yang kedua kali di Jakarta, saya menyajikan kopi-kopi Indonesia hasil produksi saya seperti kopi dari Papua, Bali, dan lain lain.’

Perempuan yang juga pemilik Strada Coffee ini, mengagumi kopi asal Indonesia.Evani menambahkan, ‘banyak kopi terbaik di Indonesia diekspor, dan hal itu tak banyak diketahui oleh masyarakat yang gemar meminum kopi. Sehingga penting bagi Strada Coffee mengumpulkan kopi terbaik tersebut disajikan lokal. Kami juga memberikan pelatihan kepada para petani sampai ke para barista agar kopi yang dinikmati sesuai dengan keinginan dan ekspektasi konsumen.’

Tidak hanya pemilik Strada Coffee, Evani juga pendiri Coffee Academy. Ini adalah wadah pembelajaran barista dan petani kopi mampu mengola kopi lokal memiliki kualitas dan cita rasa terbaik. Evani mencontohkan, banyak orang berpikir rasa kopi robusta tidak menyenangkan, karena mengandung aroma tanah dan terasa pahit. Namun kopi robusta menjadi spesial berkat cara olah yang berbeda. Caranya dengan metode petik merah dan fullwash, untuk menghasilkan rasa kopi yang bersih dengan rasa cokelat dan kacang.

Komitmen Evani dalam mengembangkan kopi nusantara tidak berhenti di Coffee Academy dan Strada Coffee. Dia mengambil pelatihan sertifikasi kopi dari berbagai negara. Evani bahkan mengantongi 20 sertifikat dengan status pengajar bersertifikasi internasional.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?