Kandungan Kopi 'Enggak Cuma Kafein - Ini Buktinya !
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Kandungan Kopi ‘Enggak Cuma Kafein – Ini Buktinya !

Kopi Bara – Rata-rata orang hanya mengenal kopi sebagai minuman yang mengandung kafein. Anggapan ini benar, namun tidak menyeluruh tepat. Kopi Bara merinci, ada beberapa kandungan lain pada kopi. Kandungan ini juga tidak kalah uniknya seperti kafein. Berikut ini kandungan unik pada kopi yang manfaatnya sama hebatnya laksana kafein :

1. Asam Klorogenat

Asam Klorogenat (CGA) merupakan senyawa kimia yang berperan sebagai antioksidan pada kopi. Untuk 100 gram biji kopi robusta, ada 10 gram CGA. Sementara pada kopi arabika, ada 8 gram CGA. Asam klorogenat mengontrol tekanan darah, menstabilkan gula darah dan melawan radikal bebas.

2. Cafestol

Cafestol merupakan sejenis minyak alami yang terkandung pada kopi. Zat ini berperan sebagai modulator asam empedu pada usus pencernaan. Cafestol juga termasuk zat anti-inflamasi. Zat ini membantu meningkatkan daya ingat. Cafestol pada kopi mampu melindungi sel tubuh dari kerusakan, terutama pada organ hati.

3. Kafein

Kafein adalah zat psikoaktif yang berfungsi sebagai stimulan sistem saraf pusat. Kafein dapat bertindak sebagai antioksidan. FDA – Food and Drug Administration menyatakan, dalam secangkir kopi ada 80-100 miligram kafein. Kafein ini memberi banyak manfaat. Kafein pada kopi mampu mencegah diabetes, menurunkan berat badan, dan meringankan sakit kepala.

4. Quinine

Quinine merupakan senyawa pahit yang terkandung dalam kopi. Senyawa ini menjadi unsur utama yang memberikan sifat antioksidan terakhir. Rasa pahit pada kopi identik pada kandungan quinine yang tinggi. Quinine menjadi lebih kuat ketika kopi disangrai dengan cara tepat. Meski demikian Kopi Bara ingatkan agar tidak berlebihan mengonsumsi.

5. Trigonelline

Trigonelline adalah zat alkaloid pada kopi yang memunculkan rasa pahit. Zat ini juga berperan menambah aroma pada kopi. Kandungan zat ini pada kopi yang disangrai, 10 kali lebih tinggi daripada yang belum disangrai. Semakin gelap biji kopi sangrai, semakin sedikit trigonelline yang tersisa. Zat ini bermanfaat untuk kesehatan gigi. Trigoneline juga menghambat perkembangan bakteri.

Kandungan kopi yang bermfaat ini juga ada pada Kopi Bara. Kopi produksi PT. Ganesha Mandiri Bhakti ini bersumber dari biji kopi pilihan. Kopi terbaik Nusantara diolah menggunakan mesin modern dan teknologi mutakhir, sehingga kandungan terbaik dalam kopi terjaga saat dikonsumsi. Kopi Bara pilihan tepat penikmat kopi sejati.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?