Flat White - Varian Nikmat Setelah Cappuccino & Latte
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Flat White – Varian Nikmat Setelah Cappuccino & Latte

Kopi Bara – Satu di antara varian kopi susu favorit yang mendunia adalah cappucino dan latte. Dua varian ini nyaris ada di setiap kafe. Semua penikmat kopi yang ingin beralih dari kopi hitam, memilih cappucino dan latte. Kini telah ada varian baru yang merupakan turunan 2 varian ini. Nama varian ini, Flat White.

Flat White merupakan menu minuman berbahan dasar espresso. Flat White masih ‘bersaudara’ dengan cappucino dan latte. Meski sama-sama berasal dari espresso, Flat White punya karakter, rasa, hingga cara membuat yang berbeda.

Berdasarkan sejarah, cappuccino menjadi yang varian tertua ditemukan di antara latte dan flat white. Cappuccino pertama kali diperkenalkan di Austria pada awal abat ke-19. Dalam perjalanannya, cappuccino menjadi minuman paling favorit di Italia sejak tahun 1901. Momen ini bertepatan dengan ditemukannya mesin espresso pertama oleh Luigi Bezzera.

Pada kenyataannya, tidak semua orang menyukai cappuccino alias bosan dan ingin mencoba varian lain. Munculnya latte, yang pertama kali dikenal pada 1950-an di Amerika. Latte muncul karena orang-orang Amerika merasa cappuccino terlalu strong. Mereka memodifikasi menu baru dengan menambahkan susu lebih banyak pada kopi dan terciptalah latte.

Perjalanan cappuccino dan latte, melahirkan varian berikutnya. Varian baru ini adalah Flat White. Varian ini lahir berawal dari penikmat kopi yang menilai latte kurang ‘strong’, tetapi tidak ingin terlalu ‘strong’ seperti cappuccino. Flat White muncul sekitar 1980 di Australia dan Selandia Baru.

Flat White dibuat menggunakan double shot espresso dicampur susu yang tidak banyak alias lebih sedikit dari cappucino dan latte. Sensasi kopi terasa kuat, microfoam susu juga lebih tipis dari latte, sehingga banyak orang menganggap tidak ada foam susu Flat White.

Anda yang memiliki kafe favorit dan kafe langganan Anda memiliki menu ini, Flat White bisa dicoba. Varian ini ideal untuk Anda yang ingin kopi susu tidak ‘sekuat’ cappuccino, namun lebih ‘ringan’ dari latte. Konsumsi dingin atau panas, tetap nikmat karena Flat White berbahan dasar kopi pilihan dan susu terbaik. Pastikan barista di kafe favorit Anda menguasai olahan Flat White.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?