Ungkap Fakta Tentang Kopi French Press
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Ungkap Fakta Tentang Kopi French Press

Kopi Bara – Satu di antara cara mengolah kopi, dengan menyeduhnya menggunakan alat French Press. Cara ini mengurangi ampas kopi dan menjadikan kopi serasa lite ketika dikonsumsi. Namun ada yang mengungkap, jika cara ini berbahaya. Kopi Bara mengurai faktanya !

French Press bukanlah suatu istilah asing. French Press merupakan alat penyeduh kopi yang banyak digunakan. Dengan alat ini, seseorang mampu menentukan seberapa banyak kopi, air, dan tekanan yang diperlukan untuk menyeduh kopi yang enak.

Artikel terbaru Voltage Coffee, yang ditulis di Harvard Health Blog pada 2016 mengungkap, kopi yang diseduh dengan alat French Press berdampak buruk bagi kesehatan. Artikel ini pun mengundang penasaran orang.

Untuk mengetahui kebenarannya, inilah 5 fakta tentang kopi yang diseduh French Press.

1. Apa Itu French Press ?

French Press merupakan alat seduh kopi sederhana yang terbuat dari logam atau kaca. Dengan alat ini, Anda membuat tekanan pada kopi untuk menghasilkan minuman yang disaring. Metode ini disebut manual brewing karena proses pembuatannya menggunakan tangan sendiri, bukan mesin.

Secara proses, bubuk kopi direndam di dalam alat kemudian ditekan agar ampas kopinya terpisah di bawah. Selanjutnya, ekstraksi kopi dipindahkan ke cangkir.

Penyeduhan kopi menggunakan alat French Press menghasilkan, karakter kopi yang kental. Beberapa orang menyukainya karena hasil ekstraksi kopi yang punya tekstur berpasir dan halus.

Dengan alat ini, seseorang bisa membuat kopinya sesuai selera. Ini karena suhu air, tingkat kehalusan gilingan kopi, durasi perendaman kopi, mengikuti selera individu.

2. Apa Yang Membedakan Kopi French Press ?

Banyak orang tidak menyukai kopi berampas karena rasanya tidak enak. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjauhkan ampas dari seduhan kopi. Yang paling sederhana dengan membiarkannya mengendap di bagian bawah gelas.

Sebagian besar menggunakan alat filter untuk melakukan pekerjaan ini. Filter kertas sering digunakan dalam pembuatan drip and pour over coffee. Sementara metode lain seperti espresso, percolator, moka pot, dan French Press menggunakan filter logam.

Mungkin penggunaan filter kertas maupun filter logam seperti yang ada di alat French Press, sama-sama akan memisahkan ampas kopi. Tetapi terdapat perbedaan kecil pada hasilnya.

Kopi yang diseduh menggunakan French Press, menghasilkan rasa yang lebih kaya, lembut, dan membiarkan minyak aromatik alami dari kopi meresapi minuman. French Press memungkinkan kopi mengeluarkan aroma lebih kuat.

3. Apakah Kopi French Press Buruk Untuk Kesehatan ?

Kopi mengandung berbagai macam senyawa kimia. Ketika disaring menggunakan filter kertas, sebagian senyawa kimianya terjebak. Beda halnya jika disaring menggunakan filter logam, seperti di dalam alat French Press.

Artikel Harvard Health mengungkap, ada senyawa yang tersisa yaitu cafestol dan kahweol. Keduanya merupakan diterpene yang hilang lebih mudah dengan menggunakan filter kertas daripada filter logam.

Penelitian yang dikutip Voltage Coffee, ukuran konsentrasi cafestol dalam kopi French Press sekitar 300 kali lipat lebih banyak dari kopi yang disaring dengan filter kertas. Filter logam dalam alat French Press, menghilangkan sedikit cafestol, tetapi tidak sebanyak kopi seduh.

4. Hal Yang Dapat Dilakukan Untuk Melindungi Kesehatan

Kopi yang diseduh menggunakan French Press menyisakan senyawa cafestol dan kahweol, yang dalam jumlah banyak dapat menyebabkan peningkatan kolesterol jahat dan trigliserida.

Seseorang yang punya masalah kolesterol, berhenti konsumsi kopi yang diseduh dengan French Press. Lebih baik beralih ke metode penyaringan menggunakan filter kertas.

Solusi lain yaitu membatasi konsumsinya. Minum banyak kopi French press, pertimbangkan untuk mencampurnya dengan kopi yang disaring oleh filter kertas seperti Pour Over Coffee.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?