Kementerian BUMN Dukung Festival Kopi Indonesia
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Kementerian BUMN Dukung Festival Kopi Indonesia

Kopi Bara – Kementerian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) mendukung kemajuan kopi Indonesia. Dukungan Kementerian BUMN ditunjukkan dalam Erick Thohir – Menteri BUMN dengan menghadiri gelaran ICF (Indonesia Coffee Festival and Cafe & Brasserie Expo). Acara berlangsung di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu 6 Mei 2023.

Sebelum acara dimulai, Erick Thohir mengelilingi gerai di ICF, didampingi Daryanto Witarsa – Ketua SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) dan Dwi Sutoro – Ketua PMO Nusantara. Menteri BUMN juga menyapa para petani lokal di gerai Farmera Village.

“Terima kasih kepada para petani Indonesia dan stakeholder kopi Tanah Air. Tepuk tangan. Dan jangan lupa kepada BUMN yang memberikan solusi,” kata Erick Thohir dalam sambutannya.

“Saya mendukung terus ekonomi Indonesia, termasuk industri kopi. Sama seperti yang diajarkan ayah saya waktu saya SMP, ekonomi itu ibarat seperti menyeduh kopi. Harus ada airnya, kopinya, boleh ditambah gula atau susu. Tapi ingat, jangan lupa diaduk biar merata,” lanjutnya.

Menteri BUMN menegaskan, para pihak di industri kopi tidak berdiri sendiri, melainkan bergandengan. Erick Thohir menambahkan agar jangan berpuas diri dengan pencapaian yang ada.

“Itu masalah negeri kita. Jadi tadi yang sudah dipaparkan Daryanto bahwa pengunjung kemarin tembus 10 ribu dan transaksi lebih dari Rp 2 miliar, kita jangan berpuas diri. Kami di BUMN ingin menjadi solusi. Sama-sama kita rujuk, kita lahirkan, dan kembangkan,” kata Erick sambil mengepalkan tangan ke atas.

Daryanto – Ketua SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia) menambahkan, acara ini digelar bukan sekadar kompetisi kopi, melainkan juga memperkuat jaringan pelaku usaha dan perindustrian kopi.

“Ada talkshow dan kompetisi barista skala internasional yang pemenangnya akan kita tandingkan di kejuaraan dunia di Yunani di bulan Juni. Saat ini juga tengah berlangsung kompetisi Indonesia Barista Championship, Indonesia Brewers Cup Championship, dan Indonesia Cup Tasters Championship,” kata Daryanto.

“Dua tahun lalu kalo enggak salah, Pak Erick pas ke Palembang itu kasih dana pertama buat kita. Jadi acara waktu itu 2021, Pak Erick bilang ‘Saya kasih dana untuk menjalankan program Cup of Excellence’. Dan pemenangnya dari Aceh sudah kita datangkan hari ini,” lanjut Daryanto.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?