Kopi Lembah Colol Yang Segera Jadi Kopi Terbaik Dunia
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Kopi Lembah Colol Yang Segera Jadi Kopi Terbaik Dunia

Kopi Bara – Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur menggelar Festival Kopi Lembah Colol. Acara berlangsung 14 – 15 Juni 2023 di Lembah Colol, Kecamatan Lambaleda Selatan, Kabupaten Manggarai Timur, Provinsi NTT. Ajang tahunan ini meriah dan ramai diikuti pegiat kopi Nusantara.

Lembah Colol merupakan wilayah penghasil kopi terbesar di NTT. Daerah ini pada 1937 pernah memenangkan kontes kebun Pemerintah Kolonial Belanda. Pada 2015 Kopi Arabika dan Robusta dinobatkan sebagai kopi terbaik di Indonesia.

Shana FatinaDirektur Utama Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores sekaligus mewakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyatakan, potensi pasar kopi ke depannya semakin luas. Lembah Colol mengukuhkan identitasnya sebagai penghasil kopi dengan kualitas terbaik di dunia.

Shana menambahkan, pegiat kopi perlu memperkuat promosi melalui kolaborasi dengan berbagai pihak. Ini terutama dengan dibukanya penerbangan internasional di Labuan Bajo yang merupakan akses utama pariwisata NTT.

Sementara Agas AndreasBupati Manggarai Timur menyatakan, predikat Kopi Colol sebagai Kopi Terbaik Dunia menurut Bupati Manggarai Timu tidak datang dengan sendirinya. Predikat diraih setelah Kopi Colol memenangkan ajang kompetisi kopi di Banyuwangi, 2015 lalu. Kopi Colol juga mendapatkan predikat tiga besar dunia sebagai kopi dengan kualitas cita rasa terbaik di dunia.

Bupati Agas juga menegaskan, penyelenggaraan Festival kali ini merupakan hasil kerja keras seluruh masyarakat Lembah Colol bersama Pemerintah Daerah dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Bupati Agas mengajak para Petani Kopi di Lembah Colol belajar perubahan iklim. Petani kopi kemudian menyesuaikan pola tanam, dan belajar menentukan varietas tanaman yang tahan cuaca dan iklim. Bupati Agas berharap, serta mengurangi penggunaan bahan kimia dan pupuk buatan yang dapat merusak lingkungan.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?