Pria Bikin Lukisan Artistik Dari Kopi
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Pria Bikin Lukisan Artistik Dari Kopi

Kopi Bara – Kopi tidak hanya menjadi komoditas yang dikonsumsi. Kopi, komoditi yang bisa diolah menjadi karya seni. Adalah pria asal Kabupaten Ciamis bernama Dian Gurbada ini, yang mengubah kopi menjadi lukisan. Karya lukis yang berasal dari ampas kopi.

Ratusan karya lukisan tokoh nasional hingga artis ia buat menggunakan kopi. Lukisan itu sudah dibeli orang yang menyukai dan mencintai seni lukis dari berbagai daerah. Harga lukisannya pun relatif mulai dari Rp 1 juta hingga sesuai kesepakatan dengan calon pembeli.

Adapun tokoh nasional yang pernah dilukis pria berusia 47 tahun dari kopi ini mulai Presiden RI Joko Widodo, Prabowo Subianto, Ir Soekarno, dan grup band luar negeri yang melegenda. Dian biasanya butuh waktu dua hari untuk menyelesaikan lukisan berbahan kopi.

Dian tinggal di Perum Jati Indah Desa Panyingkiran-Kecamatan Ciamis. Ia bercerita bakat melukisnya ada sejak kecil sewaktu di kelas 3 sekolah dasar. Ketika itu saat pulang sekolah, Dian meniru gambar yang ada di surat kabar.

“Awal mula saya mengkomersilkan lukisan sewaktu jadi pelaut di kapal pesiar. Ketika itu ada order dari penumpang kapal asal Belanda untuk melukis sebuah wajah yang akan diberikan kepada kekasihnya. Waktu itu dibayar dengan sebuah parfum yang harganya itu Rp 1.2 juta. Itu hanya pakai pensil,” ungkapnya, Sabtu (24/6/2023).

Orderan untuk melukis di kapal pesiar pun berdatangan. Namun sayangnya saat ini hanya tersisa 3 bulan ia berada di kapal pesiar. Dian pun pulang ke Ciamis dan memutuskan untuk meneruskan hobi melukisnya menjadi sebuah bisnis. Orderan awal di Ciamis dengan membuat lukisan mural di sebuah Pesantren. Kemudian orderan lukisan pun mulai berdatangan hingga 2 tahunan.

Dian mengaku bosan melukis hanya dengan pensil saja. Ia terinspirasi untuk menciptakan karya yang lebih unik. Kemudian ketika ia mendapat masukan untuk membuat lukisan dari kopi. Waktu itu, ia sedang berada di rumah mertuanya sedang menjaga karena sakit.

“Saya coba-coba cari kopi di dapur lalu mencoba melukis di sebuah nampan dan ternyata bisa. Lukisan yang saya bikin pertama itu grup Metalica dan Iwan Fals. Hanya saja kalau di nampan ini kan tidak tahan lama akhirnya pakai kertas kanvas,” ungkapnya.

Sejak saat itu ia mulai membuat berbagai lukisan tokoh nasional dan artis legendaris. Lukisan yang ia buat tidak hanya sebuah gambar namun juga memiliki arti tersendiri dan hanya dapat dimengerti oleh pecinta seni lukis.

Lukisannya ia pasarkan menggunakan berbagai komunitas seni di media sosial atau mengikuti pameran-pameran. Hasilnya, banyak yang menyukai hasil karyanya hingga melakukan transaksi. Lukisan Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto telah dibeli Dedi Mulyadi (DM). Namun Dian enggan menyebutkan harga lukisan yang dibeli tersebut.

“Kalau ada yang mau pesan lukis wajah biasanya Rp 500 ribu sampai Rp 1 juta atau sesuai kepekatan. Jadi kalau masalah harga ini relatif ya, tapi seni ini masalah rasa. Memang untuk pasar lukisan ini bukan Ciamis, tapi lebih ke luar daerah. Pecinta seni dan kantongnya mumpuni,” ucapnya.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?