Otak Makin Fokus Oleh Kopi
Social media dan marketplace kami:
+62 853-7252-5758

Otak Makin Fokus Oleh Kopi

Kopi Bara – Penelitian terbaru mengungkapkan, kopi memberi dorongan kafein yang tidak dapat ditemukan dalam sumber kafein lainnya. Peneliti menemukan, ada area di otak yang dapat aktif dengan minuman kopi yang panas. Ini membuat seseorang lebih sadar dan waspada.

Penelitian Universitas Minho Portugal menguji efek perangsangan yang dirasakan setelah minum kopi. Penelitian melibatkan partisipasi sekitar 47 orang yang menjalani pemindaian sebelum minum secangkir kopi pada pagi hari.

Sebanyak 36 orang lainnya hanya menerima kafein yang dilarutkan dalam air panas tanpa minum kopi. Mereka juga menjalani jenis pemindaian MRI yang sama sebelum dan sesudah mengonsumsi minuman.

Temuan menunjukkan kafein dalam bentuk yang biasa, hanya menghasilkan sebagian dari efek yang didapat dari minum secangkir kopi. Penelitian baru-baru ini dipublikasikan dalam jurnal Frontiers in Behavioral Neuroscience.

Penelitian menjelaskan, kafein meningkatkan aktivitas dalam area otak yang bertanggung jawab atas peningkatan kewaspadaan seseorang. Minum kopi memberikan efek tambahan pada otak yang secara khusus mempengaruhi memori kerja dan perilaku yang terkait dengan tujuan yang ditetapkan.

Pemindaian MRI juga mengungkapkan, minum kopi pagi hari meningkatkan aktivitas pada bagian otak yang terlibat dalam fungsi memori jangka pendek, perhatian dan fokus. Para ilmuwan meyakini, konsumsi kopi dan kafein mempengaruhi konektivitas saraf dalam jaringan otak yang dikenal sebagai mode default. Jaringan ini terlibat dalam proses introspeksi dan refleksi diri. Perubahan mengindikasikan, orang lebih siap beralih dari keadaan istirahat ke fokus pada tugas yang harus dikerjakan.

Referensi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Ada yang bisa dibantu?