Inilah Tren Bisnis Kopi 2023 Yang Bikin Kafe Laris
Kopi Bara – Tahun 2023 telah tiba. Industri kopi ikut beradaptasi mengikuti perkembangan zaman. Pada 2023 pelaku industri kopi mendeteksi adanya tren baru. Tren ini berlaku seiring perubahan generasi peminum kopi. Era digital dan teknologi menjadi alasan perubahan dalam industri kopi.
Huffington Post media kekinian, mengulas ada 7 tren industri kopi yang berkembang di 2023. Kopi Bara mengulasnya pada artikel ini.
1. Menu Oat Milk
Oat milk alias susu nabati menjadi menu kopi yang tersedia di hampir seluruh kafe dunia. Argumentasi ini berkembang dari Robie Lambie – seorang roaster profesional. Robi mengatakan, ‘keberlanjutan semakin dianggap penting dalam industri specialty coffee. Kami melihat penurunan permintaan susu sapi, begitu juga dengan susu kedelai, almond, dan kelapa. Pelanggan memilih oat milk karena cocok dengan rasa serta manfaatnya untuk lingkungan.’
2. Kedai Kopi Buka Sampai Malam
Batasan aktivitas seseorang tidak lagi 24 jam. Dini hari pun aktivitas pekerjaan masih berlangsung. Ini direspon pelaku industri kopi dengan buka sampai malam bahkan nonstop. Robi menambahkan, jam operasional sampai malam bukan sekadar permintaan pasar, melainkan cara pemilik kedai kopi memaksimalkan pemasukan.
3. Kopi Simpel Kian Diminati
Robi menyoroti, industri kopi beralih dari metode pemrosesan yang rumit ke pengolahan kopi sederhana. Robi manyatakan, ‘pelanggan lelah dengan segala hal rumit untuk kopi mereka, dan memilih sesuatu yang mencerminkan hubungan mereka dengan kopisebagai produk alami.’ Ia menambahkan, kopi berkualitas yang diolah tanpa proses aneh dan fermentasi rumit, makin tren di 2023.
4. Ukuran Cangkir Kopi Semakin Besar
Thokozane Radebe – manajer merek kopi L’OR and Douwe Egberts dari Belanda, menemukan fakta baru properti kopi. Ukuran kopi di kedai-kedai semakin banyak. Zaman dulu hanya ada cangkir kecil untuk espresso dan pilihan cup standar seperti kecil atau sedang. Kini cup besar semakin disukai. Ini karena semakin banyak orang yang suka kopi dan memilih menikmati banyak kopi sepanjang hari.
5. Minuman Mopi Makin Laris
Kopi dingin menjadi pilihan favorit. Pencinta kopi di negara dingin, tidak masalah dengan kopi dingin. Iced latte, frappuccino, dan jenis minuman kopi dingin lain, menjadi menu favorit untuk dinikmati langsung di tempat atau dibawa pulang.
American National Coffee Association mencatat, pembelian minuman kopi dingin meningkat 23% sejak Januari 2021. Pencinta kopi menyadari, minuman berkafein ini tidak hanya nikmat ketika panas. Kopi mengikuti jejak teh yang tren dulu dalam bentuk es teh.
6. Kopi Organik
Thokozane Radebe manajer merek kopi L’OR and Douwe Egberts dari Belanda menyatakan, pelaku industri memfokuskan produksi kopi organik. Ini berarti semakin banyak pelaku industri kopi yang menunjukkan kepedulian pada petani kopi sekaligus lingkungan. Pelaku industri kopi menyadari, petani menjadi roh dalam mata rantai penyaluran kopi. Peningkatan kesejahteraan petani kopi, memunculkan produk kopi organik berkualitas.
7. Kopi Rumahan Lebih Enak
Kopi instan identik dengan kopi non murni. Pada 2023 anggapan ini tidak berlaku. Kopi instan meningkat kualitasnya. Kopinya pun mudah diolah dan nikmat rasanya. Pelaku industri kopi berlomba dan bersaing memproduksi kopi instan nan berkualitas. Penikmat kopi juga lebih praktis meracik kopi ini di rumah. Para pelaku indutsri kopi berkeinginan menciptakan pengalaman baru, merasakan kopi senikmat kafe namun di rumah.
Tren kofisyop sendiri apakah akan bertahan di tahun-tahun selanjutnya ya? Mengingat kofisyop ini salah satu industri kopi yang bisa dirasakan langsung oleh end user tapi keberadaan kofisyop sudah menjamur dan beberapa ada yang sudah tutup. Terimakasih
Hai, Kak Rubeth. Bisnis kopi masih berpeluang bagus di 2023. Satu di antara aspek yang menentukan adalah diferensiasi (pembeda). Diferensiasi ini bisa dari menunya, lokasinya, atau cara promosinya. Semoga sukses selalu untuk Kak Rubeth 🙂