Kopi Specialty Indonesia Raup Transaksi di Athena
Kopi Bara – Aroma kopi specialty Indonesia World of Coffee (WoC) Athens 2023 berhasil memikat pengunjung pameran kopi dunia. Pada World of Coffee (WoC) Athens 2023 yang dihelat di Athena-Yunani pada 22–23 Juni 2023. Merry Maryati – Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer menyatakan, selama tiga hari pelaksanaan, Paviliun Indonesia mencatatkan potensi transaksi sebesar 20 juta atau sekita 306 miliar Rupiah.
‘Ini prestasi membanggakan yang dihasilkan 10 pelaku ekspor kopi Indonesia di Paviliun Indonesia,’ Paviliun Indonesia menyajikan presentasi kopi dari berbagai daerah, seperti Gayo, Sumatra, Jawa, Bali, dan Toraja, salah satunya melalui kegiatan cicip kopi (coffee cupping) yang berhasil meyakinkan pengunjung.
Partisipasi Indonesia di WoC Eropa sudah dilakukan sejak 2015. Konsistensi promosi kopi specialty Indonesia melalui keikutsertaan pameran internasional menjadi bukti dukungan pemerintah dalam mendorong peningkatan nilai ekspor produk kopi ke dunia.
Penyajian kopi dari berbagai daerah di Indonesia merupakan salah satu strategi untuk mendorong pengenalan akan keunikan dan keautentikan produk kopi Indonesia yang dapat ditelusuri berdasarkan indikasi geografisnya.
‘Kegiatan coffee cupping di Paviliun Indonesia disajikan dalam beberapa sesi setiap harinya. Pada setiap sesi dihadirkan kopi specialty Indonesia dari berbagai daerah untuk memperkenalkan keunikan rasa dan aroma kopi dari berbagai daerah di Indonesia,’ kata Merry.
Kopi specialty arabika Indonesia yang berhasil memukau pengunjung, robusta Indonesia juga menjadi incaran dan diminati pengunjung yang datang ke Paviliun Indonesia. Ajang WoC Athena dimanfaatkan produsen dan pelaku usaha kopi untuk memperkenalkan kekhasan kopi robusta Indonesia yang berkontribusi penting bagi peningkatan ekspor kopi Indonesia ke dunia.